• Home
  • Entertainment
More

    Robot Curiosity Temukan Oasis Kuno di Planet Mars, Tanda-Tanda Kehidupan?

    HPJadul.net – Planet Mars masih memiliki banyak misteri untuk dipelajari apakah ia bisa menjadi tempat kehidupan manusia di masa depan. Karena itu, robot Curiosity dikirim oleh NASA.

    Sejauh ini, penelitian tentang Mars selalu didasarkan pada rasa ingin tahu, apakah planet ini memiliki kehidupan, sehingga manusia dapat hidup di masa depan?

    Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, para peneliti dari NASA mengirim robot Curiosity untuk mengeksplorasi dan mengumpulkan tanda-tanda kehidupan di Mars.

    Dari banyak penelitian yang dilakukan di Planet Merah, NASA akhirnya menemukan titik terang tentang jejak-jejak kehidupan Mars di masa lalu, yang merupakan oasis kuno.

    Berbentuk cekungan, oasis kuno ini disebut Kawah Gale. Oasis kuno ini memiliki luas sekitar 154 kilometer dan cekungan dengan kedalaman hingga 5 kilometer.

    Mengenai asal usulnya, Kawah Gale telah terbentuk dari serangan dahsyat yang terjadi miliaran tahun lalu. Lokasi ini dikelilingi oleh pegunungan tinggi bernama Sharp Mountains.

    Selain itu, peneliti (melalui Curiosity) menemukan kumpulan batuan sedimen yang memiliki ketinggian sekitar 150 meter yang oleh NASA disebut Pulau Sutton.

    Ilustrasi permukaan planet Mars (Shutterstock).
    Ilustrasi permukaan planet Mars (Shutterstock).

    Di oasis itu sendiri, ditemukan beberapa celah di bebatuan yang mengelilinginya, menciptakan sebuah danau yang oleh peneliti disebut "Old Soaker".

    Sementara di bagian danau itu mereka menemukan kandungan mineral garam yang membuat para peneliti berasumsi bahwa di sekitar Kawah Gale, ada air asin.

    Sementara itu, seperti dilansir laman Metro.co.uk bahwa temuan ini diterbitkan dalam jurnal Nature Goescience.

    Dalam jurnal itu, para peneliti menemukan bahwa air di Pulau Sutton telah mengering dan meninggalkan garam asli. Namun, garam bukanlah garam dapur, melainkan garam mineral.

    Garam dicampur dengan sedimen yang diperkirakan terjadi melalui proses kristalisasi di lingkungan basah, sehingga memungkinkan air garam di kolam kecil di zaman kuno menguap ke permukaan, membentuk garam mineral. .

    (Tag) rasa ingin tahu robot (t) nasa (t) mars planet (t) oasis

    Artikel Terbaru

    Samsung Galaxy M30s Segera Edar di Indonesia

    Jakarta, Seluler. ID - Samsung sedang bersiap untuk mengumumkan Galaxy M30 di Indonesia pada 25 Oktober. Ini diketahui dari penggoda yang dibagikan perusahaan melalui...

    LinkAja Implementasikan Standar QR Code Indonesia di Pasar Tradisional

    Jakarta - Resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (Aspi), Standar QR Code Indonesia (Qris), yang akan...

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here