• Home
More

    Riset: Tokopedia Percepat Pemerataan Ekonomi Digital di Indonesia

    Jakarta, Seluler. ID – Dengan percepatan kesetaraan ekonomi digital di Indonesia oleh perusahaan teknologi, dampak kesetaraan ekonomi digital sekarang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di hampir semua wilayah negara.

    Penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada tahun 2019 membuktikan bahwa pasar Tokopedia telah memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia.

    Terutama melalui kolaborasi yang telah terjadi antara penjual, pembeli dan mitra bisnis Tokopedia.

    Hasil penelitian diumumkan dalam diskusi publik yang berjudul Dampak Tokopedia terhadap Perekonomian Indonesia. pada Kamis (10/10/2019) di Jakarta.

    Saat ini, sudah ada 90 juta pengguna aktif yang mengunjungi Tokopedia setiap bulan, artinya 1 dari 3 orang Indonesia telah mengakses Tokopedia.

    Wakil Direktur LPEM FEB UI, Kiki Verico, menjelaskan, "Dari hasil penelitian kami, populasi pengguna Tokopedia menyatakan bahwa Tokopedia membuat harga 21% lebih murah. Tidak hanya itu, Tokopedia juga membuat 79% pembeli menjadi lebih berpengetahuan tentang digital produk investasi. "

    Kiki di sisi lain mengatakan bahwa populasi penjual di Tokopedia berkembang pesat. Pada 2018, ada 5 juta pengguna yang bertindak sebagai penjual. Kemudian pada 2019, populasi penjual akan meningkat menjadi 6,4 juta.

    86,55% pedagang di Tokopedia adalah pedagang baru dan 94% termasuk dalam kategori ultra-mikro (penjualan dengan omset di bawah Rp. 100 juta per tahun).

    "Dalam hal pemberdayaan ekonomi, Tokopedia juga terbukti mampu meningkatkan penjualan hingga 22%. Beberapa daerah di luar Jawa, kenaikannya bahkan sangat signifikan. Gorontalo, misalnya, mencapai 55,09%, Jambi 41,88%, Sulawesi Utara 36,67%, Kalimantan Timur 35,71%, Lampung 34,27%, "tambahnya.

    Transaksi juga terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Hampir 90% transaksi yang terjadi di Indonesia Timur, berasal dari Barat (56%) dan Pusat (33%). Sedangkan transaksi yang terjadi di Indonesia Tengah, berasal dari Barat (54%) dan Timur (11%).

    Penelitian LPEM FEB UI juga menyebutkan bahwa selama 2018, GMG Tokopedia telah berhasil menembus angka Rp73 triliun.

    Nilai ini diperkirakan naik menjadi Rp222 triliun pada tahun 2019, setara dengan 1,5% dari perekonomian Indonesia. Untuk dampak langsung terhadap perekonomian Indonesia pada tahun 2018, Tokopedia telah memberikan kontribusi Rp 58 triliun, yang diperkirakan akan meningkat menjadi Rp 170 triliun pada tahun 2019 menurut penelitian LPEM FEB UI.

    Kontribusi ekonomi langsung dari Tokopedia ini tidak hanya terjadi di Jawa, tetapi juga berkontribusi besar dalam menggerakkan perekonomian daerah, seperti di Sulawesi Utara Rp160 miliar, Aceh Rp262 miliar, Kalimantan Timur Rp933 miliar, Sumatera Utara Rp2,79 triliun, dan Bali Rp822 miliar .

    Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, "Pada usia 10 tahun, kami terus berubah menjadi Super Ecosystem, yang menjembatani semua pihak dalam misi sejalan untuk bergerak maju dan tumbuh bersama dan mempercepat distribusi ekonomi digital di Indonesia."

    "Indonesia, dengan lebih dari 17 ribu pulau, akan terus menjadi fokus utama Tokopedia. Bagi kami, Makassar lebih penting daripada Manila, Sukanagara lebih penting daripada Singapura, sehingga Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia akan terus berkomitmen untuk menjadi lebih relevan dan bermanfaat bagi Indonesia, "pungkas William.

    Artikel Terbaru

    Apple Watch Masa Depan Dibekali Fitur Pendeteksi Gerakan Otot

    Jakarta - Sebagai arloji pintar Apple Watch, ia didukung oleh fitur yang cukup bagus, salah satu fitur yang tertanam di Apple Watch 4, yaitu...

    Shopee Raup 138 Juta Transaksi di Q3 2019

    Jakarta - Shopee mengklaim bahwa pada kuartal ketiga 2019, ia memperoleh 138 juta transaksi dengan rata-rata 1,5 juta transaksi per hari."Kuartal terakhir kami memiliki...

    YouTube Music, Cara Baru Cari Lagu ‘Tidak Dikenal’

    Jakarta, Seluler. ID - Mencari lagu seringkali merupakan teka-teki tersendiri. Di masa lalu, setidaknya Anda harus tahu judul lagu atau penyanyi untuk mengetahui semua...

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here