• Home
  • Reviews
More

    Review Synology DiskStation DS218+, Harga Terjangkau, Performa Andal

    Jakarta – NAS (Network Attached Storage) masih merupakan solusi penyimpanan data, terutama untuk perusahaan. NAS sendiri adalah perangkat penyimpanan data dengan sistem operasi yang didedikasikan untuk melayani kebutuhan cadangan dan berbagi data.

    NAS dapat diakses langsung melalui jaringan dengan protokol seperti TCP / IP. Perangkat ini hanya perlu dihubungkan ke server melalui jaringan seperti hub, switch, atau router. Dengan begitu, Anda dapat mengakses data Anda di mana saja dan melalui perangkat apa pun asalkan perangkat itu dapat terhubung ke internet atau intranet.

    Di NAS ada drive penyimpanan yang tugasnya menyimpan atau mencadangkan dan berbagi file di jaringan. Pencadangan data pada NAS sangat mudah, karena NAS memberikan fleksibilitas dalam sistem penyimpanan dari RAID 0 ke RAID 10, menjadikan data lebih aman. Kemampuan inilah yang membuat perusahaan menggunakan NAS untuk menyimpan data mereka.

    Salah satu merek NAS yang paling banyak digunakan adalah Synology. Salah satu produk andalan NAS dari Synology adalah Synology DiskStation DS218 +.

    Synology DiskStation DS218 + sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 4.999.000. Dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan produk sejenis, Synology DiskStation DS218 + menargetkan segmen UKM, startup, dan bahkan pengguna rumahan. Synology DiskStation DS218 + hadir dalam varian hitam.

    Kali ini, Editor Selular.ID berkesempatan untuk meninjau Synology DiskStation DS218 +. Berikut ulasannya.

    Desain

    Perban hitam di sekujur tubuh, memberi kesan Synology DiskStation DS218 + yang kokoh dan elegan. DS218 + memiliki tinggi 165mm, lebar 108mm, dan panjang 232.2mm.

    NAS ini memiliki berat 1,30kg. Dengan dimensi dan bobot ini, Synology DiskStation DS218 + terasa ramping dan ringan.

    Di bagian depan terdapat indikator Status LED, indikator LAN, indikator status Drive, port USB 3.0, tombol dan tombol salin USB dan Indikator Daya LED. Masih di depan, ada penutup yang bisa dibuka.

    Sementara di bagian belakang ada dua port USB 3.0, tombol Reset, port eSATA, port 1GbE RJ-45, Kensington Security Slot dan Power port. Di kanan dan kiri, logo Synology ditampilkan.

    Proses instalasi

    Sebelum menggunakan Synology DiskStation DS218 +, Anda harus menginstal terlebih dahulu. Metode pemasangannya cukup mudah. Berikut ulasannya.

    1. Pertama pasang kabel adaptor dan colokkan ke soket.
    2. Kemudian pasang kabel LAN dan hubungkan dengan Router.
    3. Kemudian tekan tombol daya untuk menghidupkan Synology DiskStation DS218 +
    4. Sekarang buka browser web dan kunjungi http://find.synology.com/.
    5. Selanjutnya klik Connect untuk memulai proses mengkonfigurasi NAS Synology Anda. Dalam proses ini, Anda harus membuat akun Synology dengan memasukkan nama server, nama pengguna, dan kata sandi. Setelah selesai, klik Next.
    6. Selanjutnya buat akun Synology QuickConnect. Ada dua opsi yang disediakan yaitu Buat ID QuickConnect dengan Akun Synology baru untuk pengguna yang tidak memiliki akun dan Buat ID QuickConnect dengan Akun Synology yang ada untuk mereka yang sudah terdaftar.
    7. Kemudian Anda akan diminta untuk menginstal beberapa paket aplikasi inti. Anda juga dapat melewati langkah ini dan mengambilnya satu per satu nanti.
    8. Selanjutnya Anda akan masuk ke aplikasi DiskStation Manager. Kemudian akan ada tutorial singkat tentang cara menggunakan DiskStation Manager.
    9. Setelah itu masuk ke menu jaringan di penjelajah file komputer Anda. Kemudian masuk menggunakan kata sandi dan nama pengguna yang Anda buat sebelumnya.
    10. Setelah semua proses selesai, Synology DiskStation DS218 + siap digunakan untuk menyimpan data.

    Performa dan fitur

    Di Synology DiskStation DS218 + ada dua slot hard disk dengan total kapasitas maksimum 24TB. Setiap slot hard disk memiliki kapasitas 12TB. Sementara kapasitas peningkatan hard disk maksimum mencapai 108TB.

    Di unit yang kami terima hanya ada satu hard disk Seagate SATA dengan kapasitas 12TB. Synology DiskStation DS218 + didukung oleh fitur hot swap yang memfasilitasi pemasangan atau peningkatan komponen. Hanya dengan membuka penutup depan kemudian menekan tombol kunci sambil menarik slot tempat penyimpanan keluar. Anda dapat memasang dan melepaskan drive penyimpanan ke dudukan menggunakan obeng untuk mengencangkan dan melonggarkan baut.

    Dapur memacu, Synology DiskStation DS218 + tertanam prosesor dual core Intel Celeron J3355 yang didukung oleh teknologi mesin enkripsi perangkat keras (ES-NI). Prosesor ini menyediakan kecepatan baca terenkripsi 1123 MBps dan kecepatan penulisan terenkripsi 112MBps. Melalui kemampuan ini, proses transfer data ke NAS cukup cepat.

    Ketika kami mencoba mentransfer ukuran file 2,7GB dari PC ke Synology DiskStation DS218 + sangat cepat hanya dalam 7 detik. File yang kami transfer adalah jenis foto dan video.

    Kami juga mencoba mentransfer file besar yang mencapai 17.8GB. File tersebut berisi foto, video, musik dan dokumen. Waktu yang dibutuhkan untuk transfer file besar cukup cepat hanya 43 menit.

    Prosesor ini juga mendukung kemampuan transkoding konten 4K dengan framerate 30fps. Termasuk juga adalah tipe RAM DDR3L dengan kapasitas 2GB yang dapat ditingkatkan hingga 6GB.

    NAS ini didukung oleh perangkat lunak Synology DiskStation Manager yang memudahkan Anda untuk memproses file. Synology DiskStation Manager menawarkan empat aplikasi seperti Package Center, Control Panel, File Station, dan DSM Help.

    Manajer DiskStation Synology

    Package Center memungkinkan Anda untuk menginstal, memperbarui, dan menghapus instalan aplikasi. Jika Anda melihat pemberitahuan dari Pusat Paket, ini menunjukkan bahwa satu atau lebih aplikasi yang terinstal perlu diperbarui.

    File Station adalah manajer file yang memungkinkan Anda membuat dan menjelajahi folder di NAS Anda. Anda juga dapat mengedit file seperti memotong, menempel, memindahkan, dan menghapus file.

    Melalui Control Panel, Anda dapat mengatur NAS dan konfigurasi lainnya. Sesuai namanya, Bantuan DSM membantu Anda memberikan petunjuk tentang Synology DiskStation DS218 +.

    Kesimpulan

    Dengan harga Rp 4.999.000, Synology DiskStation DS218 + menawarkan fitur dan kinerja yang andal untuk NAS tingkat pemula. Kemampuan transfer file Synology DiskStation DS218 + cukup cepat dengan semua jenis file dan ukuran besar sekalipun. Cara menginstalnya cukup mudah.

    Dari segi desain, NAS ini terlihat kokoh, tetapi tidak terlalu berat sehingga mudah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dengan kemampuan ini, Synology DiskStation DS218 + cocok untuk pengguna rumahan, UKM, dan pemula.

    Artikel Terbaru

    Samsung Galaxy M30s Segera Edar di Indonesia

    Jakarta, Seluler. ID - Samsung sedang bersiap untuk mengumumkan Galaxy M30 di Indonesia pada 25 Oktober. Ini diketahui dari penggoda yang dibagikan perusahaan melalui...

    LinkAja Implementasikan Standar QR Code Indonesia di Pasar Tradisional

    Jakarta - Resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (Aspi), Standar QR Code Indonesia (Qris), yang akan...

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here