• Home
  • Reviews
More

    Review Oppo A9 (2020): Smartphone Ideal 4 Kamera 48MP

    Jakarta – Sejak kelahiran seri Oppo A ke A5s, semua model dalam seri ini adalah entry-level. Tetapi dengan munculnya model-model terbaru hari ini, seri Oppo A secara resmi naik di kelas.

    Ya, hari ini Oppo secara resmi menghadirkan A9 (2020) di Indonesia. Anggota terbaru dalam keluarga seri A membawa segudang perbaikan dari model sebelumnya (Oppo A5s).

    Tidak lagi membawa & # 39; sederhana & # 39; spesifikasinya, Oppo A9 (2020) menanamkan fitur terbaru. Mulai dari 4 kamera, RAM besar, baterai raksasa dengan USB Type C, hingga chipset cepat Snapdragon. Bahkan, fitur yang hanya ada di perangkat premium Reno, Oppo juga dihadirkan di produk A9 (2020), yaitu Dolby Atmos dengan dua speaker, dan pengisian terbalik.

    Semua peningkatan ini menjadikan Oppo A9 (2020) smartphone yang ideal dalam kisaran harga kurang dari Rp. 4 juta.

    Ditujukan untuk generasi Z, telepon seluler diciptakan untuk menikmati konten multimedia berbasis seluler, tanpa harus khawatir tentang kelelawar rendah. Berbekal panel lebar 6,5 inci dengan rasio 20: 9, pengguna akan nyaman menonton konten multimedia di layar Oppo A9 (2020). Ditambah kapasitas baterai 5.000mAh, dijamin menikmati aktivitas streaming akan lancar selama 19 jam.

    Untuk gamer, memori RAM dan penyimpanan besar adalah persyaratan untuk bermain game kontemporer. Dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, Oppo A9 (2020) mampu menyimpan dan memainkan puluhan game berat populer dengan sangat lancar.

    Untuk kupu-kupu sosial, era media sosial adalah era pembuat konten. Dengan empat kamera di belakang (48 + 8 + 2 + 2MP), foto dan video yang Anda rekam dari Oppo A9 (2020) akan terlihat tajam dan jelas. Cocok untuk berbagi di semua lini saluran media sosial Anda.

    Paket Penjualan

    Sebelum memasukkan ulasan mendalam, mari kita bahas kemasannya. Dalam paket penjualan untuk Oppo A9 (2020), selain unit smartphone, pembeli juga akan mendapatkan kabel dan pengisi daya USB, lengkap dengan kartu garansi dan buku panduan.

    Kemudian pembeli Oppo A9 (2020) juga akan mendapatkan aksesoris lengkap, karena vendor telah memasukkan jelly case dan earphone yang jelas dalam paket penjualan. Selain dua aksesoris, Oppo juga menyediakan pin ejector untuk membuka kartu SIM dan slot MicroSD.

    Desain

    Pertama kali melihat Oppo A9 (2020), Anda akan menemukan bahwa smartphone menggunakan bahasa desain kontemporer. Oppo A9 (2020) dianugerahi layar lebar, poni minimalis, bezel sangat tipis, dan gradasi warna pada panel belakang.

    Baterai raksasa di dalam rangka juga tidak mengubah tampilan ponsel menjadi besar. Ini bisa dilihat dari ketebalan perangkat yang relatif tipis (9,1 mm).

    Pengaturan kamera pada panel belakang juga tidak menonjol yang biasanya akan menambah ketebalan perangkat. Tapi Oppo melindungi kamera dengan menempatkan bingkai melingkar di sekitar lensa yang melindungi kamera dari goresan saat diletakkan di atas meja.

    Beralih ke samping, di sayap kiri perangkat ada volume rocker dan baki kartu SIM. Sedangkan pada sayap yang berlawanan hanya ada satu tombol multi fungsi (Power On / Off, dan mengunci dan membuka kunci layar). Sementara di sisi atas, perangkat tampak botak tanpa ornamen.

    Mengenai slot Kartu SIM, Oppo A9 (2020) menyediakan tiga slot dalam satu baki. Sehingga pengguna dapat mengaktifkan dua SIM (SIM mini) dan memasukkan kartu microSD sekaligus.

    Layar

    Salah satu persyaratan ponsel cerdas yang ideal bagi pecinta konten adalah layarnya harus sangat lebar. Nah, Oppo A9 (2020) menampilkan panel Sunlight Screen dengan rentang resolusi HD + 6,5 inci dengan rasio 20: 9.

    Layar Sinar Matahari membawa warna asli ke layar saat digunakan di lingkungan dengan cahaya redup. A9 (2020) juga akan secara otomatis mengaktifkan filter cahaya biru untuk melindungi mata pengguna dari kehilangan dan kerusakan mata.

    Di bagian atas layar, ada poni minimalis dalam bentuk tetesan air, di mana kamera selfie 16MP yang telah disuntikkan dengan AI Beautification. Kamera selfie dapat mengidentifikasi warna kulit, jenis kulit, usia, dan jenis kelamin. Selain itu, pengguna juga dapat menangkap gambar monokrom dan bokeh langsung dari kamera depan.

    Penampilan

    Kinerja Oppo A9 (2020) tentu lebih halus dari model di seri A sebelumnya. Karena ponsel ini adalah seri A pertama yang menggunakan seri Snapdragon 6 Qualcomm.

    Chipset Snapdragon 665 dibangun dengan prosesor 8-core 64-bit, yang terdiri dari 4-core Cortex-A73 dan 4-core Cortex-A53.

    Dikombinasikan dengan 8GB LPDDR4x RAM dan 128GB UFS 2.1 storage, sehingga pengguna pasti akan merasa mulus saat multi-tasking pada smartphone, bahkan bermain game berat. Selain itu, penyimpanan dapat diperluas melalui kartu microSD hingga 256GB.

    Kombinasi itu menyebabkan kinerja Oppo A9 (2020) lebih baik dari model sebelumnya. Lebih khusus, chipset terbaru ini mengkonsumsi konsumsi energi 20% lebih rendah dengan kinerja AI 2x lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 660. Dan bila dibandingkan dengan Snapdragon 450, Oppo A9 (2020) meningkat 40% dan GPU meningkat lebih dari 100%.

    Baterai

    Untuk pencipta dan penikmat konten, baterai besar pada smartphone adalah persyaratan wajib. Sebagai smartphone yang ideal untuk pecinta konten, Oppo A9 (2020) dilengkapi dengan kapasitas baterai 5.000 mAh raksasa.

    Dengan begitu, ponsel dipastikan akan bertahan sehari penuh dalam penggunaan normal. Dalam menikmati konten video, ponsel dapat bertahan lebih dari 19 jam.

    Selain baterai raksasa, Oppo A9 (2020) juga dilengkapi dengan USB Type C untuk mengisi daya dan memiliki fitur Reverse Charging dengan memanfaatkan fitur OTG. Artinya, ponsel dapat memainkan peran seperti powerbank, untuk mengisi daya perangkat lain.

    Kamera

    Ini dia senjata utama pembuat konten saat ini. Dalam membuat konten, Oppo A9 (2020) dilengkapi dengan empat kamera di panel belakang. Tiga di antaranya disusun secara vertikal. Sementara kamera keempat diposisikan tepat di bawah LED Flash.

    48MP Oppo A9 (2020) kamera utama menggunakan lensa Isocell GM1 dengan aperture f / 1.8. Kamera kedua untuk mengambil foto ultra lebar menggunakan lensa Omnivision dan bagian bawah adalah lensa monokromatik 2MP f / 2.4. Kamera terakhir di bawah Flash adalah lensa Potret 2MP dengan aperture f / 2.4.

    Kamera 48MP hadir dengan resolusi tinggi, memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan detail yang lebih halus dan hasil yang lebih jelas. Lensa sudut lebar menawarkan sudut pemotretan 119 ° sehingga mudah untuk gambar lebar dalam ruang terbatas. Lensa monokromatik dan lensa potret memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil kamera retro untuk foto potret, menawarkan hasil yang lebih pribadi.

    Plus, Oppo menyuntikkan berbagai fitur dan filter terbaru dalam fotografi seluler, mulai dari bokeh, monokrom, sudut lebar, panorama, profesional, hingga Ultra Night Mode 2.0.

    Ultra Night Mode 2.0 hadir dengan pengurangan noise terbaik untuk foto malam hari. Hasilnya, fitur HDR dan teknologi multi-bingkai di Ultra Night Mode 2.0 dapat menghasilkan foto malam hari dengan kecerahan tinggi. Baru-baru ini, Ultra Night Mode 2.0 dapat digunakan pada lensa sudut lebar.

    Jangan lupa kamera Oppo A9 (2020) juga telah disuntikkan dengan AI sehingga dapat membantu pengguna memilih mode yang sesuai dalam memotret adegan tertentu. Selain itu, fitur ini berguna untuk mendeteksi lingkungan atau mengenali objek yang disorot.

    Oppo A9 (2020) dapat merekam video berkualitas 4K dengan lancar (goyangan minimal) berkat fitur Stabilisasi Gambar Elektronik (EIS) untuk stabilitas video. Jika Anda takut memori akan terisi dengan cepat, vendor juga menawarkan opsi untuk merekam video berkualitas 1080p dan 720p. Tidak lupa fitur populer seperti Time Lapse dan Slow Mo juga tersedia.

    Game Boost 2.0

    Untuk pengalaman bermain game, teknologi akselerator Game Boost 2.0 menawarkan peningkatan teknologi dengan fitur Frame Boost dan Touch Boost. Keduanya memberikan respons permainan cepat, dengan mengurangi latensi dan lambatnya respons sentuh layar.

    Frame Boost menyediakan pemantauan perangkat waktu nyata untuk mengurangi latensi dan meminimalkan jeda. Selain itu, fitur ini akan menyesuaikan alokasi sumber daya untuk menghindari overheating atau penggunaan daya yang berlebihan.

    Touch Boost melakukan penyesuaian khusus untuk meningkatkan sensitivitas respons layar sentuh saat bermain game, ponsel akan terasa lebih cepat dan lebih responsif.

    Dual Speaker Dolby Atmos

    Oppo A9 (2020) hadir dengan dua speaker stereo, memberikan efek suara surround volume yang lebih tinggi dan peningkatan kualitas suara yang signifikan. Efek suara Dolby Atmos digunakan untuk memberikan pengalaman musik, video, dan permainan terbaik di kelasnya.

    Oppo A9 (2020) adalah perangkat yang menerima sertifikasi Hi-Res Audio, memastikan kualitas suara yang luar biasa, dan menciptakan pengalaman ausio yang lebih mendebarkan dan realistis.

    Akses Keamanan

    Oppo menjalankan sistem antarmuka Color OS 6.0.1 berbasis Android 9.0 Pie. Fitur yang disajikan meliputi Smart Assistant, mode mengemudi, dan navigasi navigasi yang akan meningkatkan kenyamanan pengguna.

    Selain itu, Oppo juga menyematkan dua opsi keamanan untuk membuka kunci layar pada A9 (2020). Pengguna dapat menggunakan Face Unlock atau Fingerprint, atau keduanya sekaligus. Untuk area pemindai sidik jari pada Oppo A9 (2020) yang ditempatkan di panel belakang, cukup satu garis di bawah kamera. Sangat nyaman mencapai jari telunjuk saat memegang ponsel.

    Harga

    Oppo menghadirkan warna yang lebih berani pada A9 (2020). Desain gradasi tiga dimensi dengan warna eye-cathing. Konsumen dapat memilih antara Marine Green atau Space Purple.

    Baru saja dirilis hari ini, smartphone Oppo A9 terbaru (2020) akan tersedia di pasar Indonesia pada hari Rabu, 25 September 2019, melalui sejumlah saluran mitra penjualan Oppo dengan harga resmi Rp3.999.000.

    Spesifikasi lengkap Oppo A9 (2020)

    Badan 163,6 x 75,6 x 9,1mm
    Warna Kelautan Hijau, Space Ungu
    Ukuran Layar dan Resolusi 6,5 inci HD + (720 × 1600) Gorilla Glass 3+
    Tampilan Tetesan Air Embun
    Kamera Belakang 48MP (F1.8) + 8MP (F2.0) + 2MP (F2.4) + 2MP (F2.4)
    Kamera Depan Keindahan AI 16MP
    Prosesor & OS Color OS 6.0.1 berdasarkan Android 9.0 Pie
    RAM + Penyimpanan 8GB RAM, penyimpanan 128GB
    Slot Micro SD (hingga 256GB)
    Baterai 5.000 mAh
    Otentikasi Biometrik Sidik Jari Belakang, Face Unlock
    Fitur Khusus Game Boost 2.0, Ultra Night Mode 2.0

    Artikel Terbaru

    Samsung Galaxy M30s Segera Edar di Indonesia

    Jakarta, Seluler. ID - Samsung sedang bersiap untuk mengumumkan Galaxy M30 di Indonesia pada 25 Oktober. Ini diketahui dari penggoda yang dibagikan perusahaan melalui...

    LinkAja Implementasikan Standar QR Code Indonesia di Pasar Tradisional

    Jakarta - Resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (Aspi), Standar QR Code Indonesia (Qris), yang akan...

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here