• Home
  • Reviews
More

    Review MicroSD Sandisk Extreme Pro A2: Kartu Memori untuk Melegakan Kapasitas Smartphone

    Jakarta – Saat memori smartphone penuh, menyematkan kartu MicroSD adalah solusi cepat. Namun, beberapa pengguna bahkan merasakan kinerja smartphone mereka melambat karena kartu memori eksternal. Apakah itu benar?

    Jawabannya tergantung pada jenis kartu yang Anda gunakan. Sebab, layaknya smartphone, kartu MicroSD juga memiliki spesifikasi berbeda, mulai dari kecepatan baca / tulis, kecepatan transfer, kemampuan merekam video 4K, dan lainnya. Jika Anda memilih kartu yang tidak kompatibel, ada kemungkinan kinerja smartphone akan melambat saat mengoperasikan aplikasi atau game tertentu.

    Lalu kartu MicroSD apa yang baik untuk ponsel Anda? Agar tidak menurunkan kinerja ponsel cerdas Anda, Selular.ID ingin merekomendasikan kartu MicroSD terbaik di pasaran saat ini, Kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2.

    Kartu MicroSD terbaru dari SanDisk cocok untuk semua jenis smartphone (yang mendukung kartu eksternal). Terutama karena kartu ini mendukung teknologi A2.

    Berkat teknologi terbaru, pengguna akan mendapatkan kecepatan super dalam mengakses file atau aplikasi yang tersimpan di kartu memori. Tidak hanya itu, kartu memori ini menjamin pengalaman bermain online yang lancar. Oleh karena itu, tentunya sangat berguna bagi pengguna ponsel cerdas yang ingin memindahkan game berat ke memori eksternal untuk mengurangi kapasitas ponsel cerdas.

    Harga Kartu MicroSD SanDisk Extreme Pro A2

    Dijual sejak Oktober 2018, kartu MicroSD SanDisk Extreme Pro A2 tersedia dalam empat kapasitas memori, mulai dari 64/128/256 / 400GB. Harga jual mulai dari Rp. 400 ribu.

    Selain varian "Pro", Sandisk juga mengeluarkan varian reguler yaitu kartu MicroSD Extreme A2 dengan pilihan kapasitas yang sama 64/128/256 / 400GB dengan harga mulai dari Rp.

    Fitur SanDisk Extreme Pro A2

    Sebelum A2, Sandisk telah mengeluarkan kartu memori dengan teknologi A1. Keduanya secara khusus digunakan untuk smartphone microSD standar. MicroSD A1 memiliki spesifikasi SD Physical 5.1. Dengan kecepatan IOPS yang lebih besar, file yang disimpan pada kartu memori dapat diakses lebih cepat oleh smartphone.

    Kartu MicroSD SanDisk Extreme Pro A1 dirancang khusus untuk menangani banyak file, seperti penyimpanan file di dalam ponsel cerdas dan aplikasi. Tidak hanya untuk menyimpan file data (peta, gambar, video, musik, dan dokumen), A1 juga memungkinkan pengguna untuk mengedit dan memperbarui data.

    Dibandingkan dengan microSD biasa, kartu MicroSD dengan teknologi A1 dapat memuat file atau aplikasi lebih cepat. Sedangkan kartu MicroSD A2 menggunakan SD Physical 6.0 dari data SD Association. Sebagai penerus, kinerja A2 secara otomatis lebih cepat dari A1.

    Kartu SanDisk Extreme Pro MicroSD sudah menggunakan teknologi A2, sehingga kinerjanya jauh lebih tinggi karena menggunakan fungsi Antrian Perintah dan Cache. Manajemen memori flash yang efisien dapat didukung oleh fungsi Maintenance.

    Misalnya saat memuat game, akses acak yang baik akan dibutuhkan, pada saat bersamaan, secara bersamaan. Mulai dari membuka aplikasi, memeriksa akses yang tepat untuk game, memeriksa level game, hingga memeriksa audio yang tepat. Semua itu membutuhkan IOPS acak yang memenuhi syarat.

    Kartu memori microSD SanDisk Extreme Pro A2 sangat ideal untuk smartphone terbaru. Tetapi pada dasarnya semua smartphone dapat menggunakan kartu ini, hanya kecepatan Baca dan Tulis tidak akan semaksimal ketika kartu disematkan ke smartphone premium.

    Kecepatan

    Secara teori, kartu SanDisk Extreme Pro A2 MicroSD ini memiliki kecepatan Baca maksimum 170MB per detik dan kecepatan Tulis 90MB per detik.

    Kinerja kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 adalah 4000 IOPS baca dan 2000 IOPS tulis. (Sementara kinerja A1 adalah 1500 membaca IOPS, 500 menulis IOPS).

    Selain lebih cepat, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 memiliki peringkat Kecepatan Video UHS Kelas 3 (U3) dan Kelas 30 (V30). Artinya, kartu ini dapat diandalkan untuk merekam video resolusi 4K atau dikenal sebagai Ultra High Definition (UHD), tepatnya 3840 x 2160 piksel.

    Pengujian PC

    Dalam uji pindahkan format file MP4 2GB dari PC ke kartu MicroSD MicroSD Extreme Pro A2, mendapatkan kecepatan sekitar 71Mbps, meskipun Sandisk mengklaim 90Mbps.

    Sementara itu, ketika mentransfer file yang sama dari kartu SanDisk Extreme Pro A2 MicroSD ke PC, kecepatannya mencapai 1,1Gbps.

    Pengujian mungkin berbeda pada PC atau ponsel cerdas Anda, tergantung pada jenis prosesor dan RAM.

    Mainkan Game Seluler di Smartphone

    Selain data file media, data pada ponsel cerdas juga melibatkan aplikasi. Seharusnya, setiap kartu memori eksternal mampu menyimpan file data dan aplikasi. Namun, sejumlah vendor menerapkan perlindungan yang tidak memungkinkan kartu MicroSD untuk menyimpan file aplikasi.

    Untuk menguji kartu MicroSD SanDisk Extreme Pro A2 pada ponsel cerdas kami menggunakan Samsung Galaxy A50, karena Samsung memungkinkan kartu eksternal untuk bertindak seperti "memori internal" sehingga mereka dapat menyimpan file aplikasi ke kartu memori.

    Hasilnya, aplikasi game PUBG Mobile dapat dimuat dalam waktu yang hampir bersamaan. Faktanya, ini sedikit lebih cepat pada aplikasi game yang telah dipindahkan ke kartu memori pada Samsung Galaxy A50. Begitu pula saat membuka game mobile lain dengan ukuran dewa.

    Lalu saat bermain game, kami juga tidak merasakan perbedaannya. Permainan terasa mulus meskipun file aplikasi ada di kartu memori. Bahkan, lebih banyak gas karena memori internal asli selalu lapang.

    Itu artinya, kartu SanDisk Extreme Pro A2 MicroSD tidak akan membuat ponsel cerdas Anda melambat.

    Perlindungan data

    Ada banyak fitur canggih yang tertanam dalam produk kartu MicroSD SanDisk. Salah satunya, fitur RescuePRO Deluxe.

    Data adalah harta karun di era digital. Kehilangan data tentu saja merupakan mimpi buruk bagi semua pengguna smartphone. Mengetahui hal itu, SanDisk menawarkan perlindungan data cadangan pada setiap produknya.

    SanDisk RescuePRO Deluxe memungkinkan pengguna untuk dapat mengambil file yang dihapus. Di setiap paket kotak penjualan, ada kode akses untuk mendapatkan file Anda kembali. Jangan lupa mendaftarkan kartu SanDisk Anda di situs web resmi perusahaan.

    Pembeli kartu MicroSD Extreme Pro A2 MicroSD juga akan mendapatkan berlangganan gratis ke perangkat lunak RescuePRO Deluxe selama dua tahun. Selain itu, perlindungan data dengan kata sandi dapat dilakukan agar data tetap aman dengan perangkat lunak dari SanDisk SecureAccess.

    Untuk informasi tambahan, meskipun teknologi A2 khusus untuk penggunaan smartphone, penggunaan kartu MicroSD SanDisk Extreme Pro A2 tidak terbatas pada smartphone. Pengguna juga dapat menggunakan kartu pada perangkat elektronik lain seperti kamera DSLR dan Perekam Suara. Karena, dalam paket penjualan, ia dilengkapi dengan adaptor, sehingga kartu MicroSD dapat mengubah format menjadi kartu SD.

    Artikel Terbaru

    Samsung Galaxy M30s Segera Edar di Indonesia

    Jakarta, Seluler. ID - Samsung sedang bersiap untuk mengumumkan Galaxy M30 di Indonesia pada 25 Oktober. Ini diketahui dari penggoda yang dibagikan perusahaan melalui...

    LinkAja Implementasikan Standar QR Code Indonesia di Pasar Tradisional

    Jakarta - Resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (Aspi), Standar QR Code Indonesia (Qris), yang akan...

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here