• Home
More

    Project Athena, Jadi Syarat Vendor Bisa Gandeng Intel Gen 10

    Jakarta – Bersamaan dengan peluncuran Intel Core Generation 10 Jumat lalu (4/10), Intel juga mengumumkan Proyek Athena.

    Menurut Rini Hasbi sebagai Intel Corporation untuk Asia Pasifik dan Grup Penjualan dan Pemasaran Jepang, menyatakan bahwa Intel membuat langkah strategis untuk menjual laptop terbaru yang tergabung dalam Proyek Athena.

    Proyek Athena sendiri berfokus pada enam kategori termasuk tindakan instan, kinerja dan daya tanggap, kecerdasan, masa pakai baterai, konektivitas, dan faktor bentuk.

    Tentu saja, laptop yang tergabung dalam proyek Athena menggunakan prosesor generasi ke-10 Intel untuk mendukung kinerjanya.

    Ada juga persyaratan lain yaitu menggunakan prosesor minimum Core i5 atau Core i7, dengan minimum 8GB dual-channel RAM. Selanjutnya, penyimpanan SSD dengan kapasitas minimum 256GB didukung oleh teknologi Intel Optane.

    Laptop Project Athena juga harus hemat daya, dapat bertahan minimal 9 jam dan dapat diisi ulang dengan cepat melalui teknologi pengisian cepat.

    Tidak hanya itu, vendor harus menyediakan konektivitas Wi-Fi 6 yang memiliki kecepatan transfer data lebih dari 1Gbps, Thunderbolt 3, dan USB-C.

    Saat ini, ada sembilan perusahaan yang tergabung dalam Proyek Athena, yaitu Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, Microsoft, Samsung, Sharp, dan juga Google.

    Acer, Dell, HP, dan Lenovo adalah empat vendor pertama yang mendapatkan sertifikasi dari Intel. Keempat laptop yang dimaksud adalah Acer Swift 5, XPS 13 2-in-1 Acer dan Inspiron 14 Dell, Envy 13 Wood Series HP, dan Yoga S940 Lenovo.

    Kemudian, pada gelombang kedua, ada lima laptop yang disertifikasi. Keempat laptop tersebut adalah EliteBook X360 1040, EliteBook X360 1030 dan EliteBook X360 830 HP, Latitude 7400 2-in-1 Dell, dan ThinkPad X1 dari Lenovo.

    Mengenai kapan laptop yang tergabung dalam proyek Athena akan tersedia di Indonesia, Intel belum dapat memastikannya.

    "Mereka (vendor laptop) sudah memiliki line up 10 gen, hanya saat masuk ke Indonesia," kata Grup Penjualan dan Pemasaran Intel Corporation, Rini Hasbi, yang bertemu dalam peluncuran Jumat lalu (4/10).

    Artikel Terbaru

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here