• Home
More

    Oppo A9 (2020) Hands On: 4 Kamera, RAM 8GB dan Baterai Raksasa

    Jakarta – Setelah membawa seri Reno ke tanah air, Oppo memperkenalkan kembali anggota baru dalam seri A. Namun kali ini vendor memberi kejutan.

    Seri A biasanya mengacu pada garis entry level perusahaan. Namun melalui model terbaru, Oppo mengangkat seri kelas A, ke segmen menengah.

    Oppo A9 (2020) dilengkapi dengan empat kamera, 8GB RAM, dan baterai raksasa. Semua itu membuatnya smartphone ideal untuk pecinta konten.

    Meskipun belum diluncurkan, publik dapat memesan perangkat di Tokopedia melalui program pra-pesanan buta hingga 17 September 2019. Oppo sendiri dijadwalkan akan mengadakan acara peluncuran A9 (2020) pada 17 September 2019.

    Sebelum hari itu tiba, Cellular memiliki kesempatan untuk memegang perangkat. Inilah kesan pertama kami tentang smartphone Oppo A9 (2020)

    Desain

    Oppo A9 (2020) memiliki bahasa desain kontemporer. Dengan layar lebar, poni minimalis, bezel sangat tipis, dan panel gradasi warna.

    Baterai besar di dalam bingkai juga tidak mengubah tampilan ponsel menjadi besar. Ini bisa dilihat dari ketebalan perangkat yang relatif tipis.

    Pengaturan kamera pada panel belakang juga tidak menambah ketebalan perangkat, hanya ada bingkai mini yang melingkari lensa yang melindungi kamera dari goresan saat diletakkan di atas meja.

    Kenyamanan pengguna tampaknya menjadi prioritas utama Oppo dalam mendesain A9 (2020).

    Bagian depan

    Satu syarat smartphone ideal untuk pecinta konten adalah layar harus super lebar. Nah, Oppo A9 (2020) menampilkan panel Sunlight Screen layar lebar 6,5 inci dengan rasio HD + 20: 9.

    Di bagian atas layar, ada poni minimalis berbentuk tetesan air, di mana kamera selfie 16MP ditempatkan. Kamera ini telah disuntikkan dengan AI Beautification. Selain itu, pengguna juga dapat menangkap gambar monokrom dan bokeh langsung dari kamera depan.

    Sisi Samping

    Beralih ke samping, di sayap kanan perangkat ada tombol volume dan baki kartu SIM.

    Bukan hybrid, Oppo menyediakan tiga slot dalam satu baki. Sehingga pengguna dapat mengaktifkan dua SIM (SIM mini) dan memasukkan kartu microSD sekaligus.

    Di sayap kiri hanya ada satu tombol multi fungsi. Yakni, tombol untuk Power On / Off, mengunci layar, dan membuka kunci layar. Sementara di sisi atas, perangkat botak alias tampil tanpa ornamen.

    Sekarang di bagian bawah, Anda akan bersorak untuk mengetahui bahwa Oppo A9 (2020) sekarang dilengkapi dengan USB Type C untuk mengisi daya dan menghubungkan perangkat seluler ke perangkat lain.

    Dia menangis lagi, sang vendor masih menghadirkan jack audio 3,5mm untuk mencolokkan headphone favorit ke dalam Oppo A9 (2020). Dengan begitu, Anda akan dapat mendengarkan musik favorit Anda saat menggunakan ponsel, misalnya.

    Dual Speaker Dolby Atmos

    Fitur mahal ini biasanya berada di perangkat premium seperti Reno dan Reno 10x Zoom. Tetapi karena A9 (2020) adalah smartphone yang ideal untuk pecinta konten, lalu Oppo juga menyuntikkan Dolby Atmos ke perangkat.

    Hebatnya, vendor menyediakan speaker ganda, alias dua kerucut audio, didukung oleh Dolby Atmos. Sehingga semburan audio yang berasal dari A9 (2020) jauh lebih keras dan lebih jernih daripada kebanyakan ponsel.

    Speaker keras ini akan membedakan Anda dari kerumunan ponsel menengah lainnya sambil menikmati konten video atau bermain game di smartphone. Dijamin, audio Oppo A9 (2020) akan menggelegar.

    Panel belakang

    Ini dia fitur unggulan utama dari Oppo A9 (2020). Perangkat menjadi model pertama dalam seri A yang dilengkapi dengan empat kamera di panel belakang.

    Sepintas hanya ada tiga kamera yang tersusun vertikal. Namun sebenarnya ada empat kamera. Kamera sensor kedalaman 2MP, diposisikan tepat di bawah LED Flash.

    Tiga kamera lainnya disusun secara vertikal. Di bagian atas adalah kamera ultra-lebar 8MP, maka pusatnya adalah sensor utama 48MP, dan akhirnya sensor monokrom 2MP di bagian bawah.

    Dengan kombinasi mematikan itu, pengguna akan sangat dimudahkan dalam menangkap gambar yang menawan, tajam, dan super-flash. Tidak hanya untuk pecinta konten, Oppo A9 (2020) juga merupakan smartphone yang ideal untuk pembuat konten.

    Plus, Oppo menyuntikkan semua fitur dan filter terbaru dalam fotografi seluler, dari bokeh, monokrom, sudut lebar, panorama, profesional, hingga Night Mode 2.0.

    Jangan lupa kamera Oppo A9 (2020) juga telah disuntikkan dengan AI sehingga dapat membantu pengguna memilih mode yang sesuai dalam memotret adegan tertentu. Selain itu, fitur ini berguna untuk mendeteksi lingkungan atau mengenali objek yang disorot.

    Bagi Anda para aktivis atau calon pembuat konten, Oppo A9 (2020) juga dapat merekam video berkualitas 4K. Tidak lupa fitur populer seperti Time Lapse dan Slow Mo juga tersedia.

    Jika Anda takut memori akan terisi dengan cepat, vendor juga menawarkan opsi untuk merekam video berkualitas 1080p dan 720p. Atau Anda dapat menambahkan kartu microSD ke memori.

    Sidik jari

    Pemindai sidik jari pada Oppo A9 (2020) ditempatkan pada panel belakang, hanya satu baris di bawah kamera. Sangat nyaman mencapai jari telunjuk saat memegang ponsel.

    Oppo adalah vendor yang memelopori gradasi warna pada smartphone. Sekarang, hampir setiap vendor memiliki smartphone dengan gradasi warna.

    Gradasi itu juga disajikan oleh Oppo pada A9 (2020). Konsumen dapat memilih antara Marine Green atau Space Purple.

    "Jeroan"

    Oppo A9 2020 menjadi seri A pertama yang memiliki lebih dari 4GB RAM, tepatnya 8GB. Dengan RAM sebesar ini, tentu saja pengguna akan dapat dengan lancar menjalankan aktivitas multi-tasking pada smartphone, bahkan bermain game berat.

    Selain itu, penyimpanan internal juga super 128GB lega dengan opsi ekspansi melalui kartu microSD dengan keterbacaan 256GB.

    Baterai 5.000mAh

    Untuk pencipta dan penikmat konten, baterai besar adalah persyaratan wajib. Sebagai smartphone ideal untuk pecinta kontenOppo A9 (2020) memiliki kapasitas baterai super 5.000 mAh.

    Dengan begitu, ponsel dipastikan akan bertahan sehari penuh dalam penggunaan normal. Dalam menikmati konten video, ponsel dapat bertahan hingga 19 jam.

    Selain baterai raksasa, Oppo A9 (2020) juga dilengkapi fitur Reverse Charging, artinya ponsel dapat memainkan peran seperti powerbank, untuk mengisi daya perangkat lain.

    Harga

    Harga jual resmi Oppo A9 (2020) akan diumumkan oleh perusahaan pada hari peluncurannya, yaitu Selasa, 17 September 2019. Tetapi perusahaan memastikan kisaran harga adalah Rp 3-4 juta.

    Satu hari setelah peluncuran, Oppo A9 (2020) akan tersedia secara luas di pasar Indonesia, baik online maupun offline.

    Artikel Terbaru

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here