• Home
More

    Kemenperin Kantongi ISO 27000 untuk Kelola SIBINA

    Jakarta – Keamanan data yang akan dikelola oleh Sistem Informasi Database IMEI Nasional (SIBINA) diragukan dalam manajemennya dalam sistem validasi Identitas Peralatan Mobile Internasional (IMEI). Tetapi Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dengan tegas menjamin keamanannya.

    Kementerian Perindustrian TI, yang mengelola SIBINA, mengatakan Komisaris BRTI Agung Harsoyo, telah memperoleh ISO27000. Karena itu, Agung berani menjamin kemampuan mereka dalam keamanan data publik.

    ISO27000 adalah sertifikasi yang merupakan referensi bagi komunitas TI di seluruh dunia yang merupakan standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS).

    "Jadi bisa dikatakan manajemen SIBINA memiliki jaminan aman. Setiap tahun sertifikasi ini diaudit, tidak hanya produk, termasuk sistem dan manusia," jelas Agung.

    Lebih lanjut, Agung juga mengatakan bahwa sistem SIBINA mengadopsi otentikasi multi-jalur. Sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya. Orang yang mengaksesnya direkam.

    "Setiap orang yang melakukan kontak dengan sistem harus menandatangani perjanjian non-disclosure (NDA). Dan ada mekanisme jika orang tidak segera menghapus hak akses mereka. Sehingga tidak lagi dapat diakses melalui remote sekalipun," katanya.

    Selain itu, keamanan terkait dengan data pelanggan yang dikirim oleh operator untuk diproses oleh SIBINA memiliki enkripsi tambahan.

    "Jadi selain data IMEI, operator menambahkan variabel terenkripsi tambahan, hanya pemilik data yang dapat menggambarkan data," pungkasnya.

    Artikel Terbaru

    Samsung Galaxy M30s Segera Edar di Indonesia

    Jakarta, Seluler. ID - Samsung sedang bersiap untuk mengumumkan Galaxy M30 di Indonesia pada 25 Oktober. Ini diketahui dari penggoda yang dibagikan perusahaan melalui...

    LinkAja Implementasikan Standar QR Code Indonesia di Pasar Tradisional

    Jakarta - Resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (Aspi), Standar QR Code Indonesia (Qris), yang akan...

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here