• Home
  • Gadgets
More

    Kamu Perlu Tahu! Ini Fakta Menarik Seputar Pengisian Nirkabel Smartphone

    HPJadul.net – Perangkat pengisian nirkabel untuk smartphone sekarang banyak digunakan oleh beberapa vendor smartphone. Meskipun, pada awalnya teknologi ini hanya tertanam di berbagai perangkat premium.

    Keberadaan teknologi pengisian nirkabel telah memasuki satu dekade, sejak 2009. Baik LG, Samsung atau Huawei menggunakan teknologi ini untuk ponsel andalan mereka.

    Namun, pengisian nirkabel terasa seperti fitur overhyp pada smartphone. Sebagian besar karena kecepatan proses pengisian baterai, dibandingkan dengan pengisian dengan kabel.

    Jadi, apa sebenarnya manfaat dari pengisian nirkabel itu sendiri?

    Kecepatan pengisian 10W ditemukan di seri Galaxy S9, Xiaomi Mi Mix 3, dan duo Google Pixel 3. Ini lebih cepat daripada solusi pengisian nirkabel yang lama, tetapi mereka sudah terlambat untuk memulai.

    Namun, Xiaomi meningkatkan kualitasnya dengan Mi 9, menyediakan pengisian nirkabel 20W Februari lalu. Baru-baru ini, Huawei juga meningkat dengan mengisi daya induktif 27W untuk seri Mate 30.

    Kebijakan konvensional mengatakan bahwa kabel pengisian daya akan selalu lebih cepat daripada pengisian nirkabel. Tapi sepertinya kita akhirnya mencapai titik di mana pengisian daya nirkabel tidak terlihat dengan cara yang sama seperti pengisian daya melalui PC. Artinya, nirkabel tidak selalu bermanfaat jika dikaitkan dengan waktu.

    Namun, solusi pengisian kabel gratis terbaru dari Huawei dan Xiaomi lebih cepat daripada solusi kabel dari banyak merek. Misalnya, Galaxy S10 menyediakan pengisian kabel 25W, sedangkan LG G8 dilaporkan menyediakan pengisian 20W melalui kabel.

    Samsung Galaxy S10. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)
    Samsung Galaxy S10. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

    Produsen tidak hanya puas dengan pengisian daya nirkabel 20W, karena Xiaomi dan Oppo baru-baru ini mengumumkan solusi 30W. Seperti yang dilaporkan dari halaman Otoritas Android, Xiaomi Mi 9 Pro 5G menawarkan pengisian nirkabel 30W yang akan mengisi daya perangkat sepenuhnya dalam 69 menit.

    Jika itu tidak cukup, Xiaomi mengonfirmasi bahwa mereka juga menguji pengisian daya 40W. Ini menunjukkan bahwa pengisian nirkabel yang lebih cepat akan dilakukan pada akhir 2019 atau awal 2020.

    Tidak mau ketinggalan, Huawei, Xiaomi, dan Oppo juga akan mendorong pabrikan lain untuk menambah kecepatan pengisian. Dengan kata lain, sepertinya kita selangkah lebih dekat ke dunia tempat pengisian bantalan tidak membuat kita tertambat di tempat pertama.

    (Tag) tip charger nirkabel (t) smartphone (t)

    Artikel Terbaru

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here