• Home
  • Entertainment
More

    Andalkan SIBINA, BRTI Jamin Keamanan Pusat Data IMEI

    HPJadul.net – Diskusi aturan dalam aturan IMEI (International Mobile Equipment Identity) masih berlangsung. Salah satu yang menjadi perhatian adalah ekspansi IMEI yang merupakan data penting.

    Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menjamin keamanan sistem yang digunakan untuk menyimpan data kode IMEI.

    Komisaris BRTI Agung Harsoyo mengatakan bahwa jaminan ini didasarkan pada beberapa alasan. Pertama, teknologi pada sistem dilengkapi dengan enkripsi dan mekanisme akses yang jelas. Artinya, privasi data pemilik ponsel akan tetap terjaga.

    Oleh karena itu, ia mengklaim bahwa salah satu sistem yang menangani masalah ini, Sistem Informasi Basis Data IMEI Nasional (SIBINA), aman dan tidak akan melanggar privasi data.

    "Dalam praktiknya, operator seluler kami meminta untuk melaporkan secara berkala IMEI yang terdaftar dengan layanan mereka (operator dump). Namun, karena IMEI tidak unik, perlu ada data tambahan terkait privasi, misalnya MSISDN (nomor telepon),"Kata Agung di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

    Menurut Agung, data tambahan terkait privasi akan disajikan dalam bentuk sistem enkripsi. Dengan begitu, hanya pemilik data yang dapat membuka enkripsi data.

    Selain itu, kata Agung, IMEI tidak dapat digunakan untuk melacak identitas pengguna sehingga data IMEI ini tidak dienkripsi.

    Ilustrasi nomor atau kode IMEI pada ponsel. (Shutterstock)
    Ilustrasi nomor atau kode IMEI pada ponsel. (Shutterstock)

    Alasan kedua, jaminan keamanan SIBINA juga didukung oleh Departemen Perindustrian yang telah memiliki sertifikat ISO 27000 tentang keamanan data.

    "ISO ini berlaku secara internasional, jadi keamanan sistem telah diantisipasi. ISO ini adalah jaminan aman. Jika perusahaan serupa dengan divisi TI yang mendapat sertifikasi,"dia melanjutkan.

    Alasan ketiga, lanjut Agung, adalah bahwa jika aturan IMEI disahkan, siapa pun yang mengakses SIBINA akan dicatat.

    "Ada otentikasi multi-jalur, yang berarti bahwa jika orang mengakses database itu dicatat dan tidak dapat ditolak. Bagaimanapun, sistem kami aman,"dia berkata.

    Akankah BRTI menjamin keamanan data IMEI membuat pembahasan aturan IMEI segera selesai? .

    (Tag) imei (t) imei (t) aturan brti

    Artikel Terbaru

    Samsung Galaxy M30s Segera Edar di Indonesia

    Jakarta, Seluler. ID - Samsung sedang bersiap untuk mengumumkan Galaxy M30 di Indonesia pada 25 Oktober. Ini diketahui dari penggoda yang dibagikan perusahaan melalui...

    LinkAja Implementasikan Standar QR Code Indonesia di Pasar Tradisional

    Jakarta - Resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (Aspi), Standar QR Code Indonesia (Qris), yang akan...

    Artikel Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here